Profil Fakultas Kewirausahaan

Fakultas Kewirausahaan berdiri bersamaan dengan adanya Program Studi Kewirausahaan Universitas Garut pada tanggal 08 Februari 2017 berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Ristekdikti Nomor 370/KPT/I/2017. Fakultas Kewirausahaan merupakan Fakultas ke 8 yang didirikan oleh Universitas Garut yang berada di bawah pengelolaan badan penyelenggaran Yayasan Universitaas Garut. Fakultas Kewirausahaan menerima mahasiswa pada tahun 2018 dan mulai menyelenggarakan pelaksanaan Tridharmanya perdana pada bulan September 2018.

Fakultas dan Program Studi Kewirausahaan Universitas Garut menawarkan kajian yang berbeda diantaranya konsep kajiannya merupakan konsep siklus kewirausahaan dari mulai merencanakan sebuah bisnis, membuat desain bisnis berdasarkan analisis lingkungan, implementasi bisnis serta pengendalian bisnis. Hal lainnya yang berbeda yaitu Program Studi Kewirausahaan memilki 4 konsentrasi yaitu Digital Entrepreneurship, Social Entrepreneurship, Kewirausahaan bidang Industri Kreatif dan Kewirausahaan berbasis pada potensi lokal. Adanya Fokus kajian tersebut merupakan pengembangan keilmuan Kewirausahaan yang dapat dikembangkan secara berkelanjutan.

Program Studi Kewirausahaan Universitas Garut memiliki kekhasan, antara lain :

  1. Program Studi Kewirausahaan Universitas Garut sesuai dengan filosofi Universitas Garut yaitu Iman, Ilmu dan Amal dengan memperkuat capaian pembelajaran sikap dengan Pendidikan Olahraga dan Etika Islam serta adanya kewajiban mahasiswa untuk mengikuti Bela Negara. Untuk menjadikan wirausaha yang bukan saja kuat mental tetapi kuat dari fisik.
  2. Orientasi Pengembangan Wirausaha diarahkan pada penguatan UMKM di wilayah domisili masing-masing mahasiswa dengan menguatkan potensi-potensi daerah yang ada.
  3. Adanya konsep Digital Entrepreneurship dan Social Entrepreneurship, selain lulusan memiliki kemampuan dalam kewirausahaan juga dibekali kemampuan di bidang ICT serta dibekali kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip entrepreneur untuk perubahan social atau lingkungan.
  4. Adanya Praktek Kewirausahaan dengan nama matakuliah Business Project yang ditujukan untuk penciptaan mahasiswa wirausaha dengan mengembangan bisnis yang ada dari mulai perencanan sampai implementasi. Keberhasilan mahasiswa diukur dari proses wirausaha tersebut sehingga setelah lulus dari prodi Kewirausahaan mahasiswa sudah memilikinya bisnisnya tersendiri.